Berbagai Info Ada Di Sini

Cara Memperbaiki Resleting Jaket Dan Tas Yang Rusak

resleting rusak

Pasti sobat pernah mengalami resleting rusak kan ?
Sobat pasti bertanya - tanya kenapa resleting baju,tas dan yang lain bisa rusak padahal baru beberapa bulan bahkan ada yang beberapa minggu sudah.

Pasti sobat sangat kecewa,tapi sobat jangan cepat kecewa.Mungkin itu cuma masalah kecil dan bisa diperbaiki dengan sangat mudah.Simak tips -tips dibawah :

1.Lotion

Gunakan lotion atau yang biasa dipakai wanita buat bikin kulitnya lembut itu. Nah tapi sekarang fungsinya beda kita gunakan untuk memperbaiki resleting dengan cara oleskan lotion dibagian resleting yang rusak dan tarik secara perlahan.

2.Crayon Atau Perwarna

Gunakan crayon atau yang biasa digunakan untuk menggambar oleh anak-anak. Caranya tidak jauh beda dengan tips pertama tinggal sobat gosok dibagian resleting yang rusak dan coba tarik secara perlahan.

3.Lilin

Gosokkan badan lilin ke jalur atau rel resleting kemudian cobalah untuk membuka dan menutup resleting tersebut secara berulang-ulang sampai resleting benar-benar lancar dan tidak seret. 
Cara Memperbaiki Resleting Jaket,Tas Yang Rusak
sumber https://fitinline.com

4.Petroleum Jelly

Oleskan pada gigi resleting menggunakan bantuan cotton bud.Oleskan kebagian yang rusak dan coba tarik secara perlahan resleting yang sudah di oles cotton bud.


5.Tang Penjepit

Jika kepala resleting lumayan kendor.Sobat bisa menggunakan tang penjepit denggan cara mengencangkan penjepit pada sisi kiri dan kanan kepala resleting
Cara Memperbaiki Resleting Jaket Dan Tas Yang Rusak
sumber :https://fitinline.com

Dan jangan terlalu keras saat menekan resleting dan malah bisa rusak karena tidak benarnya saat memakai resleting tersebut.

Tambahan :

Resleting/Zipper yang ditutup tapi tidak mau tutup alias terbuka lagi, ini sering terjadi pada zipper tas/jaket/dll. Jangan sedih, jangan marah, karena ternyata bisa diperbaiki sendiri dengan mudah dan tidak pakai lama. Cukup menggunakan tang penjepit. Caranya jepit kepala resleting bagian belakangnya dari atas dan bawah serta dari kiri dan kanan. Tekan sedikit demi sedikit lalu coba gerakkan zipper maju dan mundur. Jika belum baik, ulangi. Jangan menggunakan terlalu banyak tenaga, karena bisa merusak resleting. Ketika resleting sudah kembali normal namun dirasa gerakan maju mundurnya kaku (tersendat-sendat), gunakan lilin, gosok pada gigi-gigi zipper maka ziper akan berjalan dengan lancar. Selamat mencoba.

Memperbaiki resleting jaket yang Rusak

Hal ini bisa sangat menjengkelkan karena sudah ditarik kepala resletingnya tapi bisa tidak menyatu (resleting).Penyebabnya bisa aja kotoran yang menempel,Gunakan trik oleskan dengan crayon atau lilin.
Memperbaiki resleting jaket yang Rusak
sumber : http://www.carabuas.xyz/


Penyebab utama masalah resleting rusak tidak mau menutup adalah bagian slider kepala yang sudah kendor , hal ini menyebabkan kepala tidak bisa menyatukan kedua sisi resleting dengan baik.simak tips dibawah ini :


  • Ambillah tang untuk mengencangkannya kembali.
  • Jepitkan tang ke bagian kiri kanan kepala
  • Tekan secara perlahan sambil mencoba mengeser resleting. 
  • Saat kedua sisi gigi mulai menyatu, berhenti menekan.
  • Dengan begini bagian slider (kepala) bisa berfungsi dengan baik kembali.

Cek juga apakah ada gigi resleting yang mulai bergeser, gunakan tang untuk mengembalikannya ke posisi awal. Untuk resleting celana jeans, biasanya masalah terjadi karena bagian pengunci bawah yang copot. Sobat bisa mencoba membuat jahitan yang dapat mengunci bagian bawah.


Memperbaiki Resleting Yang Selalu Turun



Ada sedikit trik menarik untuk mengakali masalah ini, cukup sediakan bagian kawat melingkar dari gantungan kunci. Pasangkan di penarik resleting lalu setelah menutup, gantungkan di kancing celana jeans. Gantungan kunci juga dapat digunakan untuk menggantikan penarik resleting yang rusak.

Memperbaiki Resleting Yang Selalu Turun
Sumber : http://www.carabuas.xyz/
Nah sobat itu tips saya semoga berhasil.

Baca juga :

Related : Cara Memperbaiki Resleting Jaket Dan Tas Yang Rusak

0 Komentar untuk " Cara Memperbaiki Resleting Jaket Dan Tas Yang Rusak "