Berbagai Info Ada Di Sini

Cara presentasi yang baik dan menarik di depan umum

Sobat bermasalah saat presentasi didepan umum ?
Nah sekarang saya akan memberikan beberapa tips & trik untuk sobat bisa berpresentasi dengan lancar tanpa ada kendala
presentasi yang menarik


Beberapa cara melatih diri agar bisa berpresentasi didepan umum :

1.Berlatih dengan orang disekitar anda.


Dengan melakukan latihan akan memberikan Sobat keyakinan terhadap materi yg hendak disampaikan. Berlatih didepan sekumpulan orang yang Sobat kenal seperti anggota keluarga atau teman dengan minimal 3 - 4  orang. Dan setelah melakukan presentasi didepan mereka, tanyakan kepada mereka kelebihan dan kekurangan dari presentasi yang Anda lakukan; setelah itu coba perbaiki kekurangan yg ada.

2.Latihan bernapas

Atur nafas dengan baik dan pastikan Sobat mengetahui cara mengambil nafas saat sedang menyampaikan kalimat yang cukup panjang sehingga pembicaraan tidak terputus.

3.Kenali situasi sekitar

Baca situasi tempat dan acara di mana Sobat melakukan presentasi, Apakah menggunakan mikrofon, audio visual seperti proyektor karena semakin baik Sobat menguasai lingkungan sekitar maka konsentrasi dapat lebih fokus saat memberikan presentasi.

4.Kenali Pendengar sobat

Terlepas dari seberapa baik Sobat menguasai topik presentasi namun jika orang-orang tidak tertarik maka tidak akan berhasil. Ketahui siapa yang akan mendengarkan presentasi setelah itu sesuaikan gaya komunikasi Sobat dengan audiens. Jadi, bedakan gaya bicara Sobat saat harus berbicara dengan karyawan ataupun dengan mahasiswa dan yeman sobat.

5.Terbiasa dengan presentasi yang dibawa

Menyampaikan antara apa yang Sobat lakukan dan apa yang Sobat bicarakan sering tidak mudah. Tapi ingatlah bahwa ketika kita ingin berpresentasi untuk menarik perhatian audiens pada bisnis Sobat, tidak perlu terlihat (bersikap) seperti salesman.
Ingat bahwa Sobat mewakili presentasi dari bisnis atau produk Sobat, jadi jika menyampaikan presentasi yang mengesankan maka orang akan ingin tahu lebih banyak. Jadi pastikan dalam slide powerpoint ataupun kertas bahan presenstasi tercantum nama perusahaan, website, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

6.Bersosialisai dengan pendengar

Selalu terhubung dengan pendengar dan jangan hanya terus menerus terpaku terhadap kertas / layar yang Anda baca karena pendengar bisa mudah bosan. Menyampaikan presentasi harus dilakukan dengan baik, teratur dan sesekali lakukan kontak mata, bila perlu selingi dengan humor. Pastikan poin-poin penting tersampaikan dengan singkat, padat dan jelas; lalu setelah presentasi selesai berikan kesempatan bagi pendengar untuk bertanya.

Baca juga : tips-tips lainnya

Related : Cara presentasi yang baik dan menarik di depan umum

0 Komentar untuk " Cara presentasi yang baik dan menarik di depan umum "